Loading...

Senin, 24 Oktober 2011

RPP biologi kelas x semester 1 dan 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                   : 1  
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi   :  1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar       :  1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi


Indikator
·           Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
·           Menjelaskan apa yang dikaji dalam ilmu biologi
·           Memberikan contoh keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu lain

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
·           Menjelaskan apa yang dikaji dalam ilmu biologi
·           Memberikan contoh keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu lain

Materi Ajar
·           Karakteristik ilmu biologi
·           Cirri-ciri mhkluk hidup
·           Keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu yang lain

Penanaman nilai budaya bangsa
Mandiri, tanggung jawab,rasa ingin tahu, gemar membaca,teliti

Metode Pembelajaran
Pengamatan-diskusi

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1  (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
·         Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B.     Kegiatan inti (30 menit)
·         Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
·         Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
·         Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
·         Guru menjelaskan apa yang dikaji dalam ilmu biologi dan menjelaskan keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu-ilmu lain.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi dan kajian ilmu biologi serta keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu-ilmu lain.

Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Erlangga, Bab I hal 3 sd 17
·         Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah


Penilaian
Tugas terstruktur : tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
Penskoran :      jumlah benar  x  100
      Jumlah soal

Soal dan kunci jawaban.
1.      Biologi adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari .....
a.    Benda hidup dan tak hidup                     d. Manusia
b.    Benda hidup                                            e. Tumbuhan
c.    mikroskop
2.      Pernyataan  yang tidak benar tentang tingkat organisasi kehidupan adalah....
a.       Kumpulan sel membentuk jaringan
b.      Kumpulan jaringan membentuk organ
c.       Kumpulan organ membentuk individu
d.      Kumpulan individu membentuk populasi
e.       Kumpulan ekosistem membentuk bioma
3.      Kumpulan mahkluk hidup sejenis yang menempati areal tertentu disebut....
a.       Individu                                                    d. Populasi
b.      Komunitas                                                 e. Bioma
c.       ekosistem
4.      Tumbuhan putri malu akan menutupdaunnya jika disentuh, hal ini menunjukkan ciri mahkluk hidup....
a.       Tumbuh dan berkembang                         d. Gerak dan tumbuh
b.      Gerak dan iritabilitas                                 e. Reproduksi dan evolusi
c.       Reproduksi dan adaptasi
5.      Orang yang berada di daerah pegunungan biasa berpakaian tebal. Perilaku demikian merupakan contoh....
a.       Adaptasi dengan lingkungan                    d. Gerak pada manusia
b.      Iritabilitas dan reproduksi                         e. Adaptasi dan reproduksi
c.       Evolusi pada manusia



Kunci jawaban :
1.      B         2.  C                3.  D                4.  B                5. A


Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                   : 2 dan 3
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar       :  1.2 Mendeskripsikan  objek dan permasalahan biologi pada  berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma


Indikator
·           Memberikan contoh objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
·           Menjelaskan cabang-cabang biologi
·           Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah
·           Menjelaskan manfaat mempelajari biologi

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Memberikan contoh objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
·           Menjelaskan cabang-cabang biologi
·           Memberikan contoh pemecahan masalahbiologi dengan metode ilmiah
·           Menjelaskan manfaat mempelajari biologi

Materi Ajar
·           Struktur organisasi kehidupan
·           Cabang-cabang biologi
·           Pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah
·           Manfaat dan bahaya
perkembangan ilmu biologi

Penanaman nilai budaya bangsa : komunikasi,disiplin, teliti, senang membaca, tanggung jawab

Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi–Penugasan

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
·         Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup
·         Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
·         Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.

Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
·         Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

                  a.     Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
                       b.        Kegiatan inti (70 menit)
Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
                  c.               Kegiatan akhir (10 menit)
Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah  tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.

Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Erlangga, Bab I hal 2 sd 17
·         Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

Penilaian
·         Tugas terstruktur : tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
·         Tugas mandiri : Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi
Penskoran :      jumlah benar  x  100
                                    Jumlah soal

Soal dan kunci jawaban
1.        cabang biologi yang mengkhususkan bidang kajiannya pada struktur tubuh mahkluk hidup adalah....
a.       Fisiologi                                                    d. morfologi
b.      organologi                                                 e. Anatomi
c.       sitologi
2.        untuk mempelajari organisme yang tidak kasat mata kita harus memperdalam cabang biologi......
a.       sitologi                                                      d. Mikrobiologi
b.      paleontologi                                              e. Patologi
c.       parasitologi
3.        seorang dokter yang akan mengoperasi penderita tumor harus menguasai ilmu....
a.         sitologi                                                     d.  Patologi
b.         histologi                                                   e.  Anatomi
c.         parasitologi
4.        Alexander Flemming berjasa dalam bidang farmasi karena berhasil menemukan .....
a.       Antibiotik pinisilin dari ekstrak umbi
b.      Obat pembunuh kuman dari bahan kimia
c.       Antibiotik penisilin yang dihasilkan jamur tertentu
d.      Bahan kimia penghambat pertumbuhan jamur
e.       Antibiotik yang dihasilkan bakteri
5.        Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah .......
a.       Observasi                                                   d. Melakukan eksperimen
b.      Menganalisis data                                      e. Merancang eksperimen
c.       Identifikasi permasalahan
6.        Seorang siswa mengamati tanaman cabe yang tumbuh subur. Ia mengatakan sebentar lagi tanaman akan tumbuh bunga. Pernyataan tersebut termasuk......
a.       Observasi                                                   d. Variabel kontrol
b.      Hipotesis                                                   e. Perencanaan
c.       penjelasan
7.        variabel bebas dari pernyataan ”Tinggi tanaman pepaya tergantung jumlah air yang disiramkan pada tanaman tersebut” adalah ......
a.       jumlah air                                                   d. Tinggi tanaman
b.      tanaman pepaya                                         e. Waktu penyiraman
c.       lama penyiraman
8.        Variabel kontrol dari pernyataan ”Semakin tinggi suhu perendaman biji, semakin cepat perkecambahan perkecambahan biji sengon” adalah......
a.       Suhu perendaman biji                                d. Kecepatan perkecambahan
b.      Jumlah biji sengon                         e. Jumlah daun yang muncul
c.       Kecepatan tumbuhnya akar
9.        Variabel terikat dari pernyataan ”Semakin tinggi temperatur air untuk merebus, semakin cepat telur masak” adalah .......
a.       Temperatur                                    d. Temperatur air
b.      Jumlah air                                      e. Waktu yang diperlukan untuk merebus telur
c.       Besarnya telur yang direbus
10.    Tindakan yang merupakan pengamatan kuantitatif adalah .....
a.       Mengukur, mengecap                                d. Menimbang, membau
b.      Meraba, mendengar                                   e. Mengukur, menimbang
c.       Menghitung, menyentuh

Kunci jawaban :
1.      E                6. B
2.      D               7. A
3.      B                8. C
4.      C                9. D
5.      A               10. E


Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                   : 4,5 dan 6
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran

Standar Kompetensi   :  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar      :  2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan


Indikator
·           Menggambar struktur tubuh virus bakteriofag
·           Menjelaskan ciri-ciri virus
·           Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
·           Menggambar skema reproduksi virus
·           Mengidentifikasi peran virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia
·           Menjelaskan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influinsa, AIDS,Flu burung, dll

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Menggambar struktur tubuh virus bakteriofag
·           Menjelaskan ciri-ciri virus
·           Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
·           Menggambar skema reproduksi virus
·           Mengidentifikasi peran virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia
·           Menjelaskan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influinsa, AIDS,Flu burung, dll

Materi Ajar
·         Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·         Ciri-ciri  virus meliputi:
1.      Ciri benda mati virus
2.      Ciri hidup virus
·         Struktur tubuh virus
·         Cara reproduksi virus
·         Peran virus bagi manusia meliputi:
1.      Peran yang menguntungkan
2.      Peran yang merugikan

Penanaman nilai budaya bangsa :teliti, hati-hati,komunikasi,rasa ingin tahu,senang membaca

Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Penugasan

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4,5 dan 6 (6 jam pelajaran)

Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
Kegiatan inti (65 menit)
·         Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
·         Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
·         Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1).
·         Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.

Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Erlangga, Bab II hal 21 sd 35
·         Foto ultramikroskopis virus
·         Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus

Penilaian
Tugas terstruktur : tes tertulis
Resume  tentang peran virus dan kajian tentang virus
Penskoran :      jumlah benar  x  100
      Jumlah soal

Soal dan kunci jawaban
Soal
1.    Salah satu sifat dari virus adalah.....
a.       Inti sel eukariotik                                      d. Sel berbentuk batang
b.      Tidak memiliki protoplasma                      e. Sel berbentuk bola
c.       Inti sel prokariotik
2.    Arti kata virus sebenarnya adalah......
a.       Benda kecil                                               d. Benda yang tidak dapat dilihat mata
b.      Benda yang berbentuk bulat                     e. Racun
c.       Hewan yang kecil
3.    Sifat-sifat virus sebagai berikut, kecuali ......
a.       Hanya memiliki satu macam asam nukleat (DNA atau RNA)
b.      Hanya dapat berkembangbiak pada sel hidup
c.       Virus peka terhadap antibiotika
d.      Virus bukan sel sehingga tidak memiliki inti, sitoplasma dan selaput inti
e.       Virus bersifat parasit obligat
4.         Virus dapat bereproduksi pada organisme lain dengan cara melekatkan bagian tubuhnya pada inang, kemudian memasukkan DNA ke dalam tubuh inang dengan tujuan untuk .....
a.       Melumpuhkan sel inang agar tidak dapat bereproduksi
b.      Mengendalikan sintesis protein dan membentuk bagian-bagian tubuhnya
c.       Memacu produksi enzim untuk memecah sel inang
d.      Mengeluarkan protoplasma sel inang untuk tempat reproduksi
e.       Mengaktifkan inti sel inang untuk memproduksi enzim
5.    Virus HIV menyebabkan penyakit....
a.    Polio                                                           d. Influensa
b.    AIDS                                                          e. Hepatitis
c.    Demam berdarah
6.    Kapsid virus mengandung......
a.       Protein                                                       d. Asam nukleat
b.      Karbohidrat                                               e. Lipid dan RNA
c.       lemak
7.    Virus HIV yang menyebabkan penyakit  AIDS akan mengakibatkan penderita mengalami ....
a.       Peningkatan kadar trombosit                    d. Penurunan kadar eritrosit
b.      Kerusakan hati dan limpa                          e. Peningkatan eritrosit
c.       Rapunya sistem kekebalan
8.    Bakteriofag adalah virus yang menyerang bakteri, berbentuk.......
a.       Bentuk T                                                   d. Jarum
b.      Bola                                                           e. Batang
c.       kubus
9.    urutan yang benar pada reproduksi virus adalah......
a.       pelekatan, penetrasi, replikasi, pelepasan, perakitan
b.      pelekatan, penetrasi, perakitan, replikasi, pelepasan
c.       pelekatan, penetrasi, replikasi, perakitan, pelepasan
d.      penetrasi, adsorpsi, perakitan, replikasi, pelepasan
e.       pelepasan, perakitan, penetrasi, replikasi, pelekatan
10.    penyakit NCD yang banyak menyerang ayam dan menyebabkan kematian disebabkan oleh......
a.       virus                                                           d. Bakteri
b.      protozoa                                                    e. Cacing
c.       jamur
           
Kunci Jawaban :
1.      C                                  6. A
2.      E                                  7. C
3.      D                                 8. A
4.      B                                  9. B
5.      B                                  10. A


Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                   : 7, 8  dan 9
Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :  2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar      : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan


Indikator
·           Menjelaskan pengertian prokariot
·           Menjelaskan archaebakteria dan eubakteria
·           Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·           Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
·           Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Menjelaskan pengertian prokariot
·           Menjelaskan archaebakteria dan eubakteria
·           Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·           Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
·           Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia

Materi Ajar
·         Pengertian prokariot
·         Ciri-ciri Eubacteria
1.      Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2.      Sturktur sel Eubacteria
3.      Cara hidup Eubacteria
4.      reproduksi bakteri
·         Klasifikasi Eubacteria
·         Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
·         Contoh-corntoh Archaeobacteria
·         Peranan bakteri bagi manusia
·          
Penanaman nilai budaya bangsa : mandiri, disiplin, tanggung jawab,komunikasi, senang membaca

Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Penugasan-Pengamatan

Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan  bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan.

Pertemuan 7 dan 8 (4 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (15 menit)
Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B.     Kegiatan inti (65 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.

Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Biologi , SMA Kelas X, Erlangga, Bab III hal 38 sd 55
·         Biakan bakteri
·         Air kolam
·         Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup

Penilaian
Tugas terstruktur
·         Laporan hasil pengamatan bakteri
·         Uji kompetensi tertulis

Penskoran :      jumlah benar  x  100
                        Jumlah soal

Soal dan kunci jawaban
Soal
1. Tuliskan 3 ciri organisme prokariotik !
2.         Sebutkan dan jelaskan 3 kelompok Archaebacteria !
3.         Tuliskan 3 peranan Archaebacteria bagi kehidupan manusia !
4.         Tuliskan 3 ciri-ciri bakteri !
5.         Sebutkan dan jelaskan 3 bentuk bakteri yang berbentuk batang !
6.         Gambarkan dan tuliskan bagian-bagian sel bakteri !
7.         Jelaskan yang dimaksud dengan bakteri fotoautotrof dan bakteri kemoautotrof !
8.         Berikan 3 contoh bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia dan nama penyakitnya !
9.         Tuliskan 4 contoh bakteri yang menguntungkan manusia dan keuntungannya !
10.     Tuliskan 2 peranan ganggang hijau biru dalam kehidupan manusia !

Jawaban :
1.      a.  tidak memiliki membran inti
b. protoplasma belum terdiferensiasi
c. terdiri dari satu sel
d. tidak memiliki mitokondria dan kloroplas
2.      a. Metanogen adalah kelompok archaebacteria yang menggunakan H2 untuk mereduksi CO2 menjadi metana (CH4)
b. Halofili ekstrem adalah kelompok archaebacteria yang hidup dilingkungan yang berkadar garam tinggi.
c. Termofili ekstrem adalah kelompok archaebacteria yang hidup dalam lingkungan panas dengan suhu optimun 600 -800C
3.      a. Sebagai pengurai dalam pengolahan limbah yang menghasilkan gas metana yang berguna untuk bahan bakar (biogas)
b. Enzimnya dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam detergen untuk meningkatkan kerja detergen.
c. Enzimnya dapat menguraikan pati jagung menjadi dekstrin (sejenis karbohidrat pengental makanan)
4.      a. Mikroorganisme bersel satu
b. Umumnya berukuran antara 1 -5 mikron
c. tergolong prokariotik
d. bentuk sel tetap karena memiliki dinding sel
e. berkembang biak dengan cara membelah diri
f. umumnya tidak memiliki klorofil
5.      a. Monobasilus bakteri berbentuk batang tunggal
b. Diplobasilus bakteri berbentuk batang yang bergandengan dua
c. Streptobasilus bakteri berbentuk panjang yang bergandengan panjang seperti rantai
 
6.      .
7.      Bakteri fotoautotrof adalah bakteri yang dapat mensintesis senyawa organik dari zat anorganik dengan menggunakan cahaya matahari
Bakteri kemoautotrof adalah bakteri yang dapat mensintesis senyawa organik dari senyawa anorganik dengan menggunakan energi kimia yang diperoleh dari oksidasi senyawa kimia
8.      a. Salmonella typhosa menyebabkan penyakit tifus
b. Vibrio comma penyebab penyakit kolera
c. Treponema pallidum penyebab penyakit raja singa
d. Shigella dysentriae penyebab disentri
9.      a. Streptococcus lactis dan S. Cremoris untuk membuat keju dan mentega
b. Lactobacillus bulgaricus untuk pembuatan susu asam (yoghurt)
c. Acetobacter xylinum untuk pembuatan nata de coco
d. Acetobacter aceti mengubah air tapai yang mengandung alkohol menjadi asam cuka
10.  a. Fitoplankton merupakan makanan utama bagi biota perairan herbivora
b. mengikat nitrogen bebas dan mengubahnya menjadi nitrat yang diperlukan oleh tumbuhan sebagai sumber nitrogen
c. sumber makanan baru , contoh Spirulina mengandung kadar protein tinggi

Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia



WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                   : 10,  dan 11, 12
Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :  2.      Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar      : 2.3  Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan


Indikator
·           Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur
·           Mengenali protista berdasarkan ciri morfologinya
·           Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur
·           Mengenali protista berdasarkan ciri morfologinya
·           Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia

Materi Ajar
·         Ciri-ciri Protista meliputi:
1.      Protista yang  menyerupai tumbuhan.
2.      Protista yang menyerupai hewan
3.      Protista yang menyerupai jamur
  • Peranan Protista bagi manusia meliputi:
  1. Peranan yang mengutungkan
  2. Peranan yang merugikan

Penanaman nilai budaya bangsa : tanggung jawab, rasa ingin tahu, komunikasi,mandiri, disiplin,senang membaca, teliti, hati-hati

Metode Pembelajaran
·         Diskusi - Penugasan - Pengamatan

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 dan 10 (4 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·         Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
·         Siswa menggambar hasil pengamatan.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

Kegiatan awal (10 menit)
a.      Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
·         Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.

Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Erlangga, Bab IV hal 58 sd 86
·         Air kolam
·         Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
·         Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)

Penilaian
Tugas Terstruktur :
·         Laporan hasil pengamatan Protista
·         Makalah kajian Protista
·         Uji kompetensi tertulis
Penskoran :     
a.         Soal no 1,4, dan 5 skor masing-masing 25
b.        Soal no 2 dan 3 skor masing- masing 15
c.         Skor total 100

Soal dan kunci jawaban
Soal.
1.      Tuliskan 4 ciri-ciri protozoa !
2.      Tuliskan 3 contoh protozoa yang hidup sebagai parasit pada manusia dan tuliskan pula penyakit yang ditimbulkan !
3.      Jelaskan cara berkembangbiak pada Rhizopoda !
4.      Tuliskan 4 ciri-ciri ganggang
5.      Sebutkan 3 manfaat ganggang bagi kehidupan manusia
Jawaban
1.      Ciri-ciri protozoa :
b.    Memiliki ukuran tubuh antara 3 -1000mikron
c.    Terdiri dari satu sel
d.   Cara hidup parasit atau saprofit
e.    Bergerak aktif karena memiliki alat gerak
f.     Respirasi dengan difusi
g.    Dapat membentuk kista jika lingkungan buruk
2.      4 Contoh protozoa
a.    Entamoeba histolytica penyebab penyakit disentri
b.    Trichomonas vaginalis menyebabkan keputihan
c.    Plasmodium vivax menyebabkan penyakit malaria tertiana
3.      Reproduksi Rhizopoda dilakukan secara vegetatif dengan membelah diri secara langsung (pembelahan biner)
4.      Ciri-ciri ganggang
d.   Uniseluler
e.    Selnya eukariotik
f.     Tidak memiliki akar, batang, daun sejati
g.    Sel-selnya belum terdiferensiasi dan memiliki pigmen yang beraneka ragam sesuai jenisnya
h.    Hidup ditempat basah
5.      Manfaat ganggang bagi kehidupan manusia
a.       Ganggang merah digunakan untuk membuat agar-agar
b.      Ganggang bersel satu (fitoplankton) yang berfungsi sebagai makanan ikan
c.       Beberapa ganggang coklat menghasilkan bahan baku industri, seperti asam alginat yang digunakan untuk industri tekstil, makanan, bahan pengawet, farmasi, dan kosmetik
d.      Ganggang hijau Chlorella merupakan sumber makanan baru


Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia



WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                   : 13, 14, dan 15, 16
Alokasi Waktu            : 8 jam pelajaran

Standar Kompetensi    :             2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar          :     2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan


Indikator
·         Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·         Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·         Membedakan spora aseksual dan seksual
·         Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
·         Membuat produk makanan yang menggunakan jamur

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·         Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
·         Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
·         Membedakan spora aseksual dan seksual
·         Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
·         Membuat produk makanan yang menggunakan jamur

Materi Ajar
·         Ciri-ciri jamur meliputi:
1.      Ciri struktur
2.      Cara hidup
·         Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1.      Spora aseksual
2.      Spora seksual
·         Klasifikasi jamur
·         Peranan jamur bagi manusia 
·         Proses produksi yang memanfaatkan jamur

Penanaman nilai budaya bangsa : senang membaca, rasa ingin tahu, disiplin

Metode Pembelajaran
Diskusi – Pengamatan – Penugasan

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 12,  dan 13 (8 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
B.    Kegiatan inti (70 menit)
Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C.    Kegiatan akhir (10 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.

Pertemuan 14 dan 15 (4 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
    Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum jamur.
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.

Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Bab V hal 90 sd 108
·         Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
·         Bahan-bahan pembuat tempe atau tape

Penilaian
Tugas Terstruktur
·         Laporan hasil pengamatan jamur
·         Uji kompetensi tertulis

Penskoran :      jumlah benar  x  100
                        Jumlah soal

Soal dan Jawaban
Soal.
1.    Sebutkan 4 ciri jamur !
2.    Sebutkan dan jelaskan 4 cara reproduksi aseksual pada jamur !
3.    Berdasarkan cara reproduksi dan struktur tubuhnya jamur dibedakan menjadi 4 devisi, sebutkan !
4.    Sebutkan dan jelaskan 3 reproduksi seksual yang dilakukan melalui pembentukan spora generatif !
5.    Sebutkan 4 manfaat  jamur bagi kehidupan manusia !

Jawaban :
1.      Ciri-ciri jamur :
Bersifat eukariotik
Tidak berklorofil
Multiseluller tubuhnya terdiri atas benang-benang yang disebut hifa
Hifanya ada bersekat dan ada pula yang tidak bersekat
Hifa yang tumbuh ke atas tumbuh menjadi sporangiofor yang mengandung sporangium
Hidup ditempat yang lembab
Hifa bercabang membentuk jaring-jaring disebut miselium
2.      Cara reproduksi aseksual pada jamur
a.    Tunas tunas yang dihasilkan blastospora
b.    Fragmentasi memutuskan benang-benang hifa yang dapat tumbuh menjadi individu baru
c.    Konidia spora yang dihasilkan dengan membentuk sekat melintang pada ujung hifa sehingga terbentuk banyak konidia
d.   Klamidospora berupa spora yang berdinding tebal
e.    Zoospora merupakan spora yang berflagel
3.      4 devisi pada jamur : Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, Deuteromycota
4.      3 reproduksi jamur secara seksual melalui pembentukan spora generatif , yaitu :
a.       Zigospora adalah spora yang dibentuk oleh dua hifa yang kompatibel
b.      Askospora merupakan spora yang terdapat didalam askus
c.       Basidiospora merupakan spora yang di bentuk pada basidium.
5.      4 manfaat jamur bagi kehidupan :
a.       Rhizopus oryzae untuk membuat tempe
b.      Saccharomyces cerevisiae / ragi/ khamir untuk pembuatan roti, tape, dan alkohol
c.       Penicillium notatun P. Chrysogenum menghasilkan anti biotik yang disebut pinisilin


Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 1 dan 2
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 1.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
  Kompetensi Dasar         :     3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan


Indikator
·           Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·           Memberikan contoh  adanya keanekaragaman hayati
·           Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan
·           Menjelaskan peran keanekaragaman hayati terhadap kestabilan lingkungan
·           Mendeskripsikan kemungkinan yang terjadi terjadi perubahan jenis dan jumlah keanekaragaman hayati terhadap keseimbangan lingkungan

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·           Memberikan contoh  adanya keanekaragaman hayati
·           Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan
·           Menjelaskan peran keanekaragaman hayati terhadap kestabilan lingkungan
·           Mendeskripsikan kemungkinan yang terjadi terjadi perubahan jenis dan jumlah keanekaragaman hayati terhadap keseimbangan lingkungan

Materi Ajar
·         Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

Penanaman nilai budaya bangsa : rasa ingin tahu, senang membaca, komunikasi, hati-hati

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 (4 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
·         Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
·         Siswa mengamati  keanekaragaman hayati.
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
·         Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa


Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi, SMA kelas X, Erlangga, Bab VI hal 112 sd 142
·         Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah

Penilaian
Tugas terstruktur :
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

Penskoran :      jumlah benar  x  100
Jumlah soal

Soal dan kunci jawaban :
Soal
1.      Adanya keanekaragaman susunan gen pada individu akan menimbulkan keanekaragaman pada tingkat ......
a.    Gen                                                             d.  Ekosistem
b.    Jenis                                                            e. Populasi
c.    Komunitas
2.      Ayam, itik, dan angsa merupakan keanekaragaman hayati tingkat ...........
a.    Gen                                                             d.  Ekosistem
b.    Jenis                                                            e. Populasi
c.    Komunitas
3.      Ekosistem yang stabil dapat dilihat dari tingkat keanekaragaman hayatinya karena.....
a.    Dijaga oleh manusia                                   d. Tidak mungkin terjadi perubahan
b.    Hasil interaksi faktor biotik dan abiotik     e. Terjadi secara alami
c.    Hasil interaksi seimbang antar organisme dan lingkungan
4.      Keanekaragaman individu dalam spesies mahkluk hidup terjadi karena adanya keanekaragaman .......
a.    Habitat                                                        d. Bentuk tubuh
b.    Reaksi kimia dalam tubuh                          e. Susunan perangkat gen
c.    Senyawa kimia penyusun tubuh
5.      Berikut ini tindakan manusia  yang dapat meningkatkan keanekaragaman hayati, kecuali......
a.    Reboisasi
b.    Mencegah pencemaran lingkungan
c.    Menetapkan kawasan taman nasional
d.   Meningkatkan pemakaian pupuk
e.    Penghijauan kota
6.      Ekosistem hutan rawa gambut memiliki ciri .......
a.    pH tanah asam, banyak zat hara
b.    pH tanah sangat basa, sedikit zat hara       d. pH tanah netral banyak zat hara
c.    pH tanah basa, banyak zat hara                  e. pH tanah sangat asam, sedikit zat hara
7.      Keanekaragaman hayati ditentukan oleh faktor........
a.    Adaptasi                                                     d. Gen dan lingkungan
b.    Lingkungan                                                            e. Makhluk hidup
c.    Makanan
8.      Berbagai ekosistem berikut merupakan bentuk keanekaragaman hayati ekosistem di indonesia, kecuali ..........
a.    Padang pasir                                               d. Kota
b.    Hutan bakau                                               e. Tundra
c.    Savana
9.      Bunga bougenfil yang beraneka warna menunjukkan adanya keanekaragaman tingkat...
a.    Jenis                                                            d. Populasi
b.    Gen                                                             e. Komunitas
c.    ekosistem
10.  Cabang biologi yang mempelajari peran paling penting dalam usaha konservasi adalah. ...
a.    Evolusi                                                        d. Genetika
b.    Mikrobiologi                                               e. Ekologi
c.    Fisiologi
Kunci jawaban :
1.      A                                             6. C
2.      B                                             7. D
3.      E                                              8. A
4.      E                                              9. B
5.      D                                             10. E

Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 3
Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam


Indikator
·           Memberikan contoh keanekaragaman hayati indonesia
·           Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan
·           Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati
·           Menjelaskan fungsi pelestarian keanekaragaman hayati

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Memberikan contoh keanekaragaman hayati indonesia
·           Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan
·           Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati
·           Menjelaskan fungsi pelestarian keanekaragaman hayati

Materi Ajar
·         Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
·         Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
·         Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
·         Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

Penanaman nilai budaya bangsa : rasa ingin tahu, teliti, tanggung jawab,mandiri,bersahabat

Metode Pembelajaran
·         Diskusi diakhiri penugasan Penugasan

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
·         Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

Alat/ Bahan/ Sumber
a.       Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Bab VI hal 112 sd 143
b.      Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

Penilaian
Tugas terstruktur :
·               Uji kompetensi tertulis
Penskoran :      jumlah benar  x  100
                        Jumlah soal

Tugas Mandiri :
·         Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah


Soal dan kunci jawaban :
Soal
1.    Garis Wallace membagi wilayah indonesia menjadi daerah oriental dan australia berdasarkan .......
a.    Penyebaran flora                                    d. Flora dan fauna endemik
b.    Penyebaran fauna                                  e. Kekhasan flora dan fauna
c.    Keanekaragaman flora dan fauna
2.    Penangkaran orang utan di kalimantan merupakan salah satu bentuk konservasi ......
a.    Alami                                                     d. Buatan
b.    In situ                                                    e. Bersama
c.    Ex situ
3.    Berikut ini ciri fauna australia, kecuali ......
a.      Mamalia berukuran kecil                       d. Banyak hewan berkantong
b.     Ikan tidak bersirip punggung                e. Tidak terdapat spesies kera
c.      Jenis-jenis burung memiliki warna yang beragam
4.    Badak bercula satu merupakan hewan endemik di Ujung kulon. Makna kata endemik adalah...
a.       Tidak dapat hidup di daerah itu           d. Tidak dapat hidup di luar daerah itu
b.      Menyebarkan penyakit di daerah itu    e. Hanya ditemukan di daerah itu
c.       Hanya ditemukan di daerah itu
5.    Pemberian nama bioma didasarkan atas .....
a.       Curah hujan yang jatuh di daeah tersebut
b.      Letak garis lintang di daerah tersebut
c.       Jenis fauna yang menonjol di daerahtersebut
d.      Iklim yang berperan di daerah itu
e.       Vegetasi yang dominan di daerah itu
6.    Contoh flora melanesia antara lain.........
a.       Meranti, durian, mangga, dan salak     d. Jati, durian, mangga, dan konifer
b.      Lumut kerak, jati, meranti, konifer      e. Durian, jati, lumut kerak, dan salak
c.       Meranti, salak, lumut kerak dan rumput
7.    Keanekaragaman hayati yang membuat orang terhibur karena keindahannya dikatakan memiliki nilai…..
a.       Ekonomi                                               d. religious
b.      Biologi                                                  e. budaya
c.       estetika
8.    Kegiatan manusia yang mengakibatkan makin berkurangnya keanekaragaman hayati adalah...
a.       Ladang berpindah                                d. Reboisasi
b.      Penghijauan                                          e. Membuat Taman nasional
c.       Tumpang sari
9.    Suatu ekosistem mempunyai ciri ditumbuhi bermacam-macam pohon terutama tumbuhan epifit, tumbuhan pemanjat, dan lumut, merupakan ekosistem.....
a.       Hutan gugur                                         d. Hutan hujan tropis
b.      Rumput                                                            e. Sungai
c.       Sabana
10.              Usaha manusia untuk mempertahankan keseimbangan lingkungan antara lain.....
a.       Pemberantasan hama dengan menggunakan DDT
b.      Penangkapan ikan dengan pukat harimau
c.       Pengalian bahan tambang secara besar-bsaran
d.      Pendirian pabrik-pabrik dilahan pertanian
e.       Pelaksanaan tebang pilih kayu-kayu di hutan
Kunci jawaban :
1.      C                                 6. A
2.      B                                 7. C
3.      C                                 8. A
4.      C                                 9. D
5.      E                                  10. E
Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 4, 5 dan 6
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar       : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia     
                                                            Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi


Indikator
·           Mengidentifikasi  ciri umum Dunia Tumbuhan
·           Membedakan tumbuhan lumut, paku, dan biji berdasarkan ciri-cirinya
Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Mengidentifikasi  ciri umum Dunia Tumbuhan
·           Membedakan tumbuhan lumut, paku, dan biji berdasarkan ciri-cirinya

Materi Ajar
·         Ciri umum dunia tumbuhan
·         Klasifikasi tumbuhan
·         Ciri-ciri  dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Peranan Bryophyta bagi manusia

Penanaman nilai budaya bangsa : mandiri, disiplin, rasa ingin tahu, senang membaca, teliti,peduli lingkungan

Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru bersama  siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
·         Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·         Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengamati  tumbuhan lumut secara berkelompok.
·         Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
·         Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B.    Kegiatan inti (35 menit)
·          Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA I kelas X, Erlangga, Bab VII 146 sd 166
·         Spesimen tumbuhan lumut

Penilaian
Tugas terstruktur :
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

Penskoran :
a.         No 1,4,5, 6 skor masing-masing 20
b.        No 2,3, skor masing-masing 10
c.         Total skor 100

Soal dan jawaban

Soal.
1.      Sebutkan 3 ciri-ciri tumbuhan !
2.      Tumbuhan berbiji dibedakan menjadi 2 sebutkan dan berikan 3contoh masing-masing !
3.      Tumbuhan dikelompokkan menjadi 3 kelompok besar, sebutkan !
4.      Sebutkan 3 ciri tumbuhan lumut !
5.      Lumut diklasifikasikan menjadi 3 kelas, sebutkan !
6.      Sebutkan 2 manfaat lumut bagi kehidupan :

Kunci jawaban :

1.      Ciri tumbuhan :
a.       Multiseluller  yang selnya telah terdiferensiasi
b.      Bersifat eukariotik
c.       Memiliki dinding sel selulosa
d.      Mempunyai kloroplas

2.      Klasifikasi tumbuhan biji:
Dikotil contohnya mangga, rambutan, durian
Monokotil contohnya salak, bambu, kelapa

3.      3 kelompok besar tumbuhan : lumut, paku, dan tumbuhan biji

4.      Ciri lumut :
a.       sel tubuhnya terdiri dari selulosa
b.      memiliki anteredium dan arkegonium
c.       daun lumut umumnya setebal satu lapis sel
d.      pertumbuhannya memanjang tidak membesar
e.       rhizoid tampak seperti benang –benang berfungsi sebagai akar

5.      kelas dalam lumut : lumut daun (Bryophyta), lumut hati (Hepaticophyta), lumut tanduk (Anthocerotophyta)
6.      manfaat lumut bagi kehidupan :
sebagai model dalam eksperimen biologi tumbuhan, mengobati penyakit hepatitis (Marchantia polymorpha), sphagnum dpat digunakan sebagai pembalut


Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 6 dan 7
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar       : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia     
                                        Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi


Indikator
·           Menyajikan data contoh plantae indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan
·           Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku, dan biji
·           Mendeskripsikan peranan plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Menyajikan data contoh plantae indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan
·           Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku, dan biji
·           Mendeskripsikan peranan plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan

Materi Ajar
·         Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·         Struktur tubuh tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·         Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

Penanaman nilai budaya bangsa : mandiri, disiplin, rasa ingin tahu, senang membaca, teliti,peduli lingkungan

Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·         Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengamati  tumbuhan paku secara berkelompok.  
·         Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
·         Guru  meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
·         Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C. Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Bab VII hal 146 sd 166
·         Spesimen tumbuhan paku 
·         Loupe

Penilaian
Tugas terstruktur :
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

Penskoran :     
No 5 skornya 30
No 3,4,6  skornya masing- masing 20
No 1,2,  skornya masing-masing 10
Skor total 100

Soal dan kunci jawaban :
Soal
1.      Sebutkan 3 ciri tumbuhan paku !
2.      Ditinjau dari macam spora tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi 3 golongan, sebutkan dan jelaskan !
3.      Ditinjau dari fungsinya, daun tumbuhan paku dibedakan menjadi 2, sebutkan dan jelaskan !
4.      Tumbuhan paku dibagi menjadi 4 devisi sebutkan !
5.      Jelaskan siklus hidup tumbuhan paku !
6.      Sebutkan 3 peranan tumbuhan paku bagi kehidupan !

Kunci jawaban :

1.      Ciri tumbuhan paku :
a.       Lapisan pelindung sel (jaket steril) yang terdapat disekeliling organ reproduksi
b.      Embrio multiseluller yang terdapat dalam arkegonium
c.       Kutikula pada bagian luar
d.      Sistem transport internal yang mengangkut air dan zat makanan dari dalam tanah
2.      Paku homospora (isospora) adalah paku yang menghasilkan satu jenis spora
Paku heterospora adalah paku yang menghasilkan dua jenis spora yang berlainan
Paku peralihan adalah paku yang menghasilkan spora yang bentuk dan ukurannya sama, tetapi berbeda jenis kelaminnya
3.       Tropofil adalah daun yang khusus untuk asimilasi atau fotosintesis
Sporofil adalah daun yang berfungsi untuk menghasilkan spora
4.      4 devisi tumbuhan paku : Psilotophyta, Lycophyta, Sphenophyta, Pterophyta
5.      Siklus hidup tumbuhan paku :

spora (n)

Protalium (n)

                        Anteredium (n                                                 arkegonium(n)

                        Spermatozoid (n)                                            ovum (n)

                                                            Zigot (2n)

                                    Tumbuhan paku homospora (2n) merupakan sporofit
 

                                                            Sporofit (2n)
 

                                                            Sporogonium (2n)
 

                                                            Spora (n)
6.      Peranan tumbuhan paku bagi kehidupan :
Sebagai tanaman hias, untuk sayur, sebagai bahan obat-obatan, sebagai pupuk hijau


Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 8 , 9, dan 10
Alokasi Waktu            :  6 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar       : 3.4    Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi


Indikator
·           Menjelaskan ciri umum dunia hewan
·           Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·           Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·           Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Menjelaskan ciri umum dunia hewan
·           Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·           Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·           Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

Materi Ajar
·         Ciri umum dunia hewan
·         Dasar klasifikasi dunia hewan
·         Klasifikasi dunia hewan

Penanaman nilai budaya bangsa : rasa ingin tahu, senang membaca, disiplin, mandiri

Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 8 dan 9 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B.     Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
·         Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C.     Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
·         Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.

Pertemuan 10 (2 X 45 menit)

A.    Kegiatan awal
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B.     Kegiatan Inti
·         Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1
·         Siswa mencatat hasil pengamatan
·         Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
·         Siswa menyusun laporan.
C.     Kegiatan Akhir
·          Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
·         Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.

Alat / Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Bab VIII hal 17 sd 258
·         Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang

Penilaian
Tugas terstruktur :
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi

Penskoran :      jumlah benar  x  100
                        Jumlah soal

Soal dan kunci jawaban :
Soal
1.      Sebutkan 4 ciri-ciri umum dunia hewan :
a.       Multiseluler
b.      Heterotrof
c.       Eukariotik
d.      Tidak berdinding sel
e.       Tidak berklorofil
f.       Hidup di darat maupun di air
2.      Berdasarkan jumlah lapisan tubuhnya hewan dikelompokkan menjadi 2 sebutkan dan jelaskan !
Diploblastik hewan yang memiliki dua lapis sel pembentuk tubuh
Triploblastik hewan yang memiliki 3 lapisan tubuh
3.      Poripera dikelompokkan menjadi 3 kelas, sebutkan :
Calcarea, Hexactinellida, dan Demospongiae
4.      Sebutkan ciri-ciri umum platihelmintes !
Bentuk tubuh pipih, tidak mempunyai rongga tubuh(selom), dan alat pencernaannya tidak sempurna, sistem peredaran darah dan pernapasan dengan seluruh permukaan tubuh
5.      Sebutkan peranan mollusca bagi kehidupan !
Sumber protein hewani,menghasilkan mutiara, untuk perhiasan dan cindera mata


Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 11 dan 12
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar       : 4.1    Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan


Indikator
·           Menuliskan komponen ekosistem tertentu
·           Menggambar bagan daur biogeokimia
·           Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·           Menjelaskan mekanisme aliran energi pada ekosistem tertentu.
·           Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Menuliskan komponen ekosistem tertentu
·           Menggambar bagan daur biogeokimia
·           Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·           Menjelaskan mekanisme aliran energi pada ekosistem tertentu.
·           Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi

Materi Ajar
·         Pengertian ekologi sebagai ilmu
·         Ekosistem dan komponen penyusunnya
·         Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
·         Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
·         Berbagai interaksi dalam ekosistem
·         Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
·         Aliran energi dan siklus materi  dalam ekosistem
·         Daur biogeokimia

Penanaman nilai budaya bangsa : hati-hati, teliti, disiplin, senang membaca, peduli lingkungan, rasa ingin tahu, komunikasi

Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi, tanya jawab

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
·         Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
·         Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
·         Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
·         Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
·         Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
·         Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.

Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Bab IX hal268 sd 284
·         Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

Penilaian
Tugas terstruktur :
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis
Penskoran :      jumlah benar  x  100
                        Jumlah soal

Soal dan kunci jawaban :
soal
1.      Ekologi adalah.....
Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahkluk hidup dengan lingkungan
2.      Komponen ekosistem tersusun dari .....
Faktor biotik dan faktor abiotik
3.      Sebutkan dan jelaskan 4 komponen organisme berdasarkan fungsinya !
Produsen : organisme yang bisa membuat makananya sendiri dari bahan anorganik menjadi bahan organik
Konsumen : organisme yang memenfaatkan bahan organik dari organisme lain
Pengurai (dekomposer) : organisme heterotrof yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati.
Detririvor : organisme heterotrof yang memanfaatkan serpihan organik padat(detritus) sebagai sumber makanan.
4.      Sebutkan dan jelaskan 3 macam interaksi antar komponen dalam  ekosistem !
Netralisme hubungan sling mengganggu antar organisme dalam habitat yang sama yang bersifat tidak menguntungkan dan tidak merugikan kedua belah pihak.
Predasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa
Parasitisme adalah hubungan antar organisme yang satu untung dan yang satu rugi
5.      Sebutkan 3 macam rantai makanan !
Rantai pemangsa,rantai parasit, rantai saprofit
6.      Sebutkan 3 jenis piramida ekologi !
Piramida jumlah, piramida biomasa, piramida energi
7.      Jelaskan daur sulfur!
Sebagian besar sulfur tersimpan dalam batuan bumi, sulfur yang ada di atmosfer secara alami berasal dari letusan gunung berapi berupa hidrogen sulfida dan aktivitas organisme anaerob di rawa. Selain itu sulfur juga dapat terlepas dari batuan karena erosi oleh air dan angin. Sebagian kecil sulfur yang terlepas ini dapat digunakan oelh tumbuhan dan memasuki rantai makanan sebelum terlepas kembali ke tanah oleh aktivitas mikroorganisme.


Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 13
Alokasi Waktu            :  2 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
 Kompetensi Dasar      : 4.2    Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan


Indikator
·           Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·           Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·           Menjelaskan pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·           Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·           Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·           Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·           Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·           Menjelaskan pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·           Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·           Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·           Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan

Materi Ajar
·         Keseimbangan lingkungan
·         Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·         Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
·         Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Penanganan limbah dengan cara daur ulang

Penanaman nilai budaya bangsa : senang membaca, rasa ingin tahu, komunikasi, tanggung jawab

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·         Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Bab IX hal 284 sd 293
·         Beberapa aktivitas manusia
·         Bahan untuk daur ulang kertas

Penilaian
Tugas terstruktur :
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis

Penskoran
No 2 dan 4 skor 30
No 1, dan 3 skor masing-masing 20
Total skor 100

Soal dan jawaban
1.      Sebutkan akibat yang ditimbulkan dari aktifitas manusia yang menyebabkan perubahan lingkungan !
Penebangan hutan, ladang berpindah, pembangunan pemukiman, intensifikasi pertanian
2.      Sebutkan 3 bahan pencemar dan dampaknya !
CO2 dampaknya efek rumah kaca,  SO2 menyebabkan hujan asam, limbah industri mencemari air
3.      Sebutkan 2 upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan !
Reboisasi/penghijauan, penyaringan limbah untuk di netralkan sebelum dibuang ke sungai
4.      Sebutkan 4  prinsip etika lingkungan!
a.    manusia merupakan bagian dari lingkungan
b.    lingkungan diperuntukkan bagi semua mahkluk hidup
c.    sumber daya alam perlu dipelihara dan pemakaiannya perlu mempertimbangkan ketersediaannya di alam
d.   perbaikan kualitas kehidupan disesuaikan dengan produksi alam
e.    hubungan manusia dan alam harus saling menguntungkan


Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia



WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 14 dan 15
Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
 Kompetensi Dasar      :4.3. Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4. Membuat produk dau ulang limbah


Indikator
·           Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
·           Menjelaskan  jenis-jenis limbah
·           Menentukan jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang
·           Memilih limbah organik dan anorganik dan sumbernya
·           Membuat produk daur ulang limbah

Tujuan pembelajaran :
Siswa dapat :
·           Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
·           Menjelaskan  jenis-jenis limbah
·           Menentukan jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang
·           Memilih limbah organik dan anorganik dan sumbernya
·           Membuat produk daur ulang limbah

Materi Ajar
·         Keseimbangan lingkungan
·         Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
·         Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
·         Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
·         Penanganan limbah dengan cara daur ulang

Penanaman nilai budaya bangsa : peduli lingkungan, hati-hati, disiplin, estetika, senang membaca, tanggung jawab

Metode Pembelajarn
·         Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
·         Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan cara penananganan limbah dengan cara daur ulang limbah
·         Guru bersama siswa mendefinisikan jenis jenis limbah
·           Guru bersama siswa menentukan jenis jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang.
·           Guru bersama siswa memilih limbah organik dan anorganik dan sumbernya
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya
Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B   Kegiatan inti (65 menit)
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
·         Siswa membuat perlakuan eksperimen.
·         Siswa melakukan pengamatan.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
·         Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.

Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Biologi SMA kelas X, Erlangga, Bab IX Hal. 293
·         Beberapa aktivitas manusia
·         Bahan untuk daur ulang kertas

Penilaian
Tugas terstruktur :
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis
Penskoran :      jumlah benar  x  100
Jumlah soal

Soal dan jawaban
1.      Berdasarkan sifatnya sumber daya alam dibedakan menjadi 3, sebutkan!
a.         Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
b.         Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
c.         Sumber daya alam yang tidak habis
2.      Sebutkan 3 hal yang dapat menyebabkan penurunan sumber daya alam hayati !
a.       Perburuan dan penangkapan yang terus menerus
b.      Penangkapan ikan dengan bahan peledak
c.       Penebangan hutan secara liar
3.      Sebutkan 3 cara pemanfaatan sumber daya alam hayati dengan tetap menjaga kelestariannya!
a.       Sistem tebang pilih
b.      Penanaman kembali hutan bekas penebangan untuk menganti tanaman yang ditebang
c.       Penangkapan hewan secara musiman
d.      Penggunaan secara  hemat semua sumber daya alam hayati

Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs.KHAIRUL, M.M.
NIP.1966120519931007
Sribhawono, 11 juli 2011
Guru mata pelajaran kimia




WARIYEM, S.Pd.
NIP.197502132006042008

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar