Senin, 24 Oktober 2011

KKM biologi kelas x


PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
MATA PELAJARAN                         :  BIOLOGI   
KELAS                                               :  10                            
KKM MAPEL                                    :  70                            
KKM SK / SEMESTER                      :  70/ 1 dan 2                                                                                                                                                                                                                                                                                

STANDAR KOMPETENSI            : . 1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu


KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
NILAI KKM
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
  • Menjelaskan karakteristik ilmu biologi
  • Menjelaskan apa yang dikaji dalam ilmu biologi
  • Memberikan contoh keterkaitan ilmu biologi dengan ilmu lain
1.2.        Mendeskripsikan  objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
  • Memberikan contoh objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
  • Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat kehidupan
  • Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah
  • Menjelaskan manfaat mempelajari biologi

2
2
1



1
2
2
1

2
2
2



3
2
2
3

1
2
2



1
2
1
1
70

STANDAR KOMPETENSI            :  2 Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup


KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
NILAI KKM
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
2.1.  Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan
·     Menggambar struktur tubuh virus bakteriofag
·     Menjelaskan ciri-ciri virus
·     Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
·     Menggambar skema reproduksi virus
·     Mengidentifikasi peran virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia
·     Menjelaskan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influinsa, AIDS,Flu burung, dll
2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
·     Menjelaskan pengertian prokariot
·     Menjelaskan archaebakteria dan eubakteria
·     Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
·     Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria
·     Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia
2.3.        Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan
·     Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur
·     Mengenali protista berdasarkan ciri morfologinya
·     Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia


1
2
2
3
2
2



2
3
2
2
2



3

3
3


2
2
1
2
2
2



2
1
2
2
2



1

2
2


2
1
1
1
2
2



2
1
2
1
2



2

1
2
70

STANDAR KOMPETENSI : .3.  Memahami manfaat keanekaragaman hayati

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
NILAI KKM
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
·   Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
·   Memberikan contoh  adanya keanekaragaman hayati
·   Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan
·   Menjelaskan peran keanekaragaman hayati terhadap kestabilan lingkungan
·   Mendeskripsikan kemungkinan yang terjadi terjadi perubahan jenis dan jumlah keanekaragaman hayati terhadap keseimbangan lingkungan
3.2. Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
·   Memberikan contoh keanekaragaman hayati indonesia
·   Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan
·   Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati
·   Menjelaskan fungsi pelestarian keanekaragaman hayati
3.3.Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi
·   Mengidentifikasi  ciri umum Dunia Tumbuhan
·   Membedakan tumbuhan lumut, paku, dan biji berdasarkan ciri-cirinya
·   Menyajikan data contoh plantae indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan
·   Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku, dan biji
·   Mendeskripsikan peranan plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan
3.4.Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
·   Menjelaskan ciri umum dunia hewan
·   Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
·   Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
·   Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan



2
1
2
3
2



1
2
2
2


1
3
2

3
3



3
2
3
3



3
3
2
2
2



3
2
2
2


2
1
2

1
2



1
2
2
1



1
1
2
1
2



1
2
2
2


2
2
2

1
2



2
1
1
2
70


STANDAR KOMPETENSI  4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta  peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
NILAI KKM
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake siswa
4.1. Mendeskripsikan peran komponan ekosistem  dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
·   Menuliskan komponen ekosistem tertentu
·   Menggambar bagan daur biogeokimia
·   Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
·   Menjelaskan mekanisme aliran energi pada ekosistem tertentu.
·   Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi
4.2.        Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
·   Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
·   Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
·   Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
·   Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
·   Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
·   Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
4.3.        Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
·   Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
·   Menjelaskan  jenis-jenis limbah
·   Menentukan jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang
·   Memilih limbah organik dan anorganik dan sumbernya
4.4.        Membuat produk daur ulang limbah
  • Membuat produk daur ulang limbah




2
2
2
2
3



1
2
3
3
3
2


2
2
2
2

3



2
2
2
2
1



2
2
1
1
1
2


2
2
2
2

1



2
2
2
2
1



2
2
1
1
1
2


2
2
3
3

1

70

Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs. KHAIRUL, M.M.
NIP.196605121993031007
Sri Bhawono, 11 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran Biologi X




WARIYEM, S. Pd.
NIP.197502132006042008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar