PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS : 10
KKM MAPEL : 70
KKM SK / SEMESTER : 70/ 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI : . 1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | NILAI KKM | |||
Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
1.2. Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
| 2 2 1 1 2 2 1 | 2 2 2 3 2 2 3 | 1 2 2 1 2 1 1 | 70 |
STANDAR KOMPETENSI : 2 Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | NILAI KKM | |||
Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan · Menggambar struktur tubuh virus bakteriofag · Menjelaskan ciri-ciri virus · Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan · Menggambar skema reproduksi virus · Mengidentifikasi peran virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia · Menjelaskan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influinsa, AIDS,Flu burung, dll 2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan · Menjelaskan pengertian prokariot · Menjelaskan archaebakteria dan eubakteria · Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri · Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria · Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia 2.3. Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan · Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur · Mengenali protista berdasarkan ciri morfologinya · Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia | 1 2 2 3 2 2 2 3 2 2 2 3 3 3 | 2 2 1 2 2 2 2 1 2 2 2 1 2 2 | 2 1 1 1 2 2 2 1 2 1 2 2 1 2 | 70 |
STANDAR KOMPETENSI : .3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | NILAI KKM | |||
Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan · Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati · Memberikan contoh adanya keanekaragaman hayati · Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan · Menjelaskan peran keanekaragaman hayati terhadap kestabilan lingkungan · Mendeskripsikan kemungkinan yang terjadi terjadi perubahan jenis dan jumlah keanekaragaman hayati terhadap keseimbangan lingkungan 3.2. Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam · Memberikan contoh keanekaragaman hayati indonesia · Menjelaskan fungsi hutan hujan tropis bagi kehidupan · Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati · Menjelaskan fungsi pelestarian keanekaragaman hayati 3.3.Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi · Mengidentifikasi ciri umum Dunia Tumbuhan · Membedakan tumbuhan lumut, paku, dan biji berdasarkan ciri-cirinya · Menyajikan data contoh plantae indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan · Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku, dan biji · Mendeskripsikan peranan plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan 3.4.Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan · Menjelaskan ciri umum dunia hewan · Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan · Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan · Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan | 2 1 2 3 2 1 2 2 2 1 3 2 3 3 3 2 3 3 | 3 3 2 2 2 3 2 2 2 2 1 2 1 2 1 2 2 1 | 1 1 2 1 2 1 2 2 2 2 2 2 1 2 2 1 1 2 | 70 |
STANDAR KOMPETENSI 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | NILAI KKM | |||
Kompleksitas | Sarana Pendukung | Intake siswa | ||
4.1. Mendeskripsikan peran komponan ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan · Menuliskan komponen ekosistem tertentu · Menggambar bagan daur biogeokimia · Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem · Menjelaskan mekanisme aliran energi pada ekosistem tertentu. · Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi 4.2. Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan · Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia · Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia · Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu · Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme · Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan · Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan 4.3. Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah · Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang · Menjelaskan jenis-jenis limbah · Menentukan jenis limbah yang mungkin dapat di daur ulang · Memilih limbah organik dan anorganik dan sumbernya 4.4. Membuat produk daur ulang limbah
| 2 2 2 2 3 1 2 3 3 3 2 2 2 2 2 3 | 2 2 2 2 1 2 2 1 1 1 2 2 2 2 2 1 | 2 2 2 2 1 2 2 1 1 1 2 2 2 3 3 1 | 70 |
Mengetahui Kepala Sekolah Drs. KHAIRUL, M.M. NIP.196605121993031007 | Sri Bhawono, 11 Juli 2011 Guru Mata Pelajaran Biologi X WARIYEM, S. Pd. NIP.197502132006042008 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar